Pages

Kemenag Sleman Luncurkan Madrasah Tahfidz Online

Sleman – Seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Sleman meluncurkan Madrasah Tahfidz Online (MTO). Kegiatan berlangsung di Aula Lantai 3 Kemenag Sleman, Jumat (24/6). Program ini bertujuan untuk mendorong terselenggaranya program tahfidz di madrasah yang selama telah berjalan agar lebih baik lagi. Salah satu instrumen yang digunakan berupa aplikasi E-Tahfidz yang bisa diakses secara online.



Launching MTO ini dilakukan langsung oleh Kepala Kementerian Agama Kabupaten Sleman, Drs. HM. Lutfi Hamid, M.Ag. dan dihadiri pula oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Sleman, Drs. H. Abdul Haris Nufika, M.Pd. Dalam sambutannya, Lutfi mengungkap bahwa inovasi merupakan tuntutan yang tidak bisa dihindari agar program yang dilakukan bisa semakin berkembang. Di sisi lain, ide-ide progresif juga mesti diimplementasikan secara riil dan berkesinambungan. “Inovasi merupakan tindakan yang wajib dilakukan agar program yang ada bisa terus berjalan mengikuti perkembangan zaman,” ungkapnya. Ia melanjutkan, “Tidak kalah penting ialah mengimplementasikan ide kreatif ke dalam kegiatan riil, sehingga tidak hanya mandeg menjadi sebuah gagasan.”

Aplikasi berbasis website ini dirancang oleh Tim Kemenag Sleman yang bisa dioperasikan secara online sehingga memudahkan guru pembimbing di madrasah untuk melaporkan perkembangan hafalan Alquran para siswa. Sementara admin di Kemenag Kabupaten bisa melakukan monitoring perkembangan masing-masing madrasah melalui hasil rekapan yang bisa diakses via internet. Sehingga bisa memberikan pembinaan secara tepat berupa apresiasi bagi madrasah yang aktif maupun teguran bagi madrasah yang pasif. Selain itu, aplikasi e-tahfidz juga memungkinkan dikembangkan sebagai forum diskusi online antara guru pembimbing tahfidz guna berbagi informasi dalam pelaksanaan madrasah tahfidz di masing-masing madrasah.

Peluncuran MTO, didukung oleh Bank CIMB Syariah dan dihadiri oleh Kepala Seksi, Kepala KUA, Pegawai di lingkungan Kemenag Sleman, serta perwakilan siswa masing-masing dari Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Tempel, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Sleman Kota dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tempel, selain peluncuran MTO dalam kesempatan tersebut juga diadakan syukuran khataman tadarus Alquran (khatmil quran) serta penyerahan bantuan sosial dari dana amal Kemenag Sleman. [e-3]

admin

No comments:

Post a Comment