Pages

Buka Workshop Kurikulum, Kakanwil Tegaskan Tugas Madrasah Bukan Sekedar Meluluskan Siswa


Yogyakarta (Inmas DIY) – Pendidikan menjadi kebutuhan penting bagi setiap manusia. Bahkan pendidikan seringkali dianggap sebagai kunci kemajuan pembanguan suatu bangsa. Maka lembaga pendidikan, khususnya madrasah diharapkan mampu membentuk generasi yang memiliki kecerdasan, kemandirian dan berakhlakul karimah. Hal itu disampaikan Kepala Kanwil Kementerian Agama DIY, Drs. HM. Lutfi Hamid, M.Ag. saat membuka workshop kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) serta pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efisien dan menyenangkan. Kegiatan yang diadakan oleh Bidang Pendidikan Madrasah (Dikmad) direncanakan berlangsung selama tiga hari, Rabu-Jumat (23-25/5).

Membuka workshop kurikulum, Rabu (23/5)

Lutfi juga berharap agar lembaga pendidikan tidak hanya sebatas mampu meluluskan siswa tetapi harus bisa memberikan bekal akademik maupun skill yang memadai bagi para lulusan. “Pendidikan berkaitan erat dengan nasib seseorang, sehingga outcome yang mesti dicapai tidak sekedar meluluskan, tetapi bagaimana agar siswa memiliki kemampuan sesuai implementasi kurikulum yang dijalankan serta memiliki kapabilitas tentang apa yang ia pelajari,” terang Kakanwil.

Selain itu Lutfi juga ingin agar lembaga pendidikan sejak awal memiliki perencanaan yang matang. Memiliki visi misi yang jelas serta punya segmentasi peserta didik yang jelas. Sehingga kehadiran madrasah memang benar-benar dibutuhkan. “Jangan sampai lembaga pendidikan hanya mengutamakan aspek bisnis semata,” tegasnya. Terkait kurikulum, ia menyampaikan bahwa kurikulum bersifat dinamis dan memiliki fungsi integratif, selektif, adaptif serta evaluatif.

Menurut panitia penyelenggara yang juga Kepala Seksi Kurikulum dan Evaluasi Bidang Dikmad, Dra. Hj. Nor Imanah, M.SI. kegiatan diikuti oleh 60 peserta dari madrasah negeri maupun swasta. Terdiri dari 50 madrasah yang telah terakreditasi dan 10 madrasah yang baru pertama kali menjalani akreditasi. “Dengan kegiatan ini kami berharap madrasah akan lebih siap untuk menghadapi akreditasi,” terangnya. [eko]

admin

No comments:

Post a Comment